Peluang Usaha Sampingan | Usaha sampingan yang saya maksud itu kayak sebuah usaha yang bisa kita lakukan dan kita atur dengan senang hati, senang hati kalau duit nya banyak, kalau kebetulan duit nya apes, ya ! mau tidak mau terpaksa pasang muka cembrut sikit lah.

Usaha sampingan kadang di perlukan, usaha depanan juga di perlukan, usaha belakangan yang jangan, soalnya kagak ada rasanya gajihan duluan usahanya belakangan. Kata pak haji tiga kali di kampung ane hehe usaha sampingan itu di butuhkan untuk menguatkan finansial kita.

Keuntungan atau hasil dari usaha sampingan sebenarnya bukan penupang kekuatan perekonomian keluarga, tapi sebagai penguat kalau-kalau penghasilan utama mengalami kekurangan, na'uzdu billah min dzalik juga seh seandainya kehidupan kita bisa berkekurangan.

Kira-kira saja apa peluang usaha sampingan yang bisa kita kerjakan:

1.Freelance.

Freelance atau pekerjaan paruh waktu, bisa juga kita sebut pekerja bebas. Freelance adalah seorang pekerja jasa, dagang, sales marketing, penulis atau apa pun itu dengan catatan tidak ada keterikatan oleh perusahaan atau siapa pun. Seorang pekerja bebas akan di bayar atas pekerjaan nya tanpa ada ikatan atau keterikatan yang mengikat diri nya dengan suatu badan atau perorangan dalam usahanya.

Usaha jenis ini sangat cocok untuk di jadikan sampingan, tergantung pada kemampuan diri kita, dan tentu saja sesuai keahlian kita. Misalkan: jika kita mempunyai kemampuan mengarang maka menjadi penulis bebas yang di bayar atas setiap tulisan nya bisa di jadikan usaha sampingan, tidak ada target, tidak ada gajih tetap, semua tergantung kemampuan kita.

Usaha ini juga bisa berupa jasa penjualan atau sales marketing suatu penjualan, misalnya penjualan tanah kapling atau kredit rumah, di mana kita menawarkan tanah atau rumah kepada konsumen dan kita akan di bayar jika ada tanah atau rumah yang laku terjual melalui kita, tentu saja pembayaran bonus sesuai kesepakatan antara kita dan pemilik usaha.

Usaha sampingan freelance sangat cocok menemani usaha tetap kita, tanpa ada beban, tanpa ada tuntutan target, semua nya murni tergantung dari usaha kita sendiri, ini bisa di lakukan oleh kalangan PNS, Pedagang, Petani bahkan pengusaha.

2.Berniaga

Berniaga atau berdagang salah satu usaha dan pekerjaan yang mungkin paling tua, sejak jaman dahulu perdagangan adalah sebuah sektor ekonomi yang kuat, usaha perdagangan menjadi salah satu pekerjaan favorit di sebuah masyarakat. Hanya saja di era modern perdagangan bisa di lakukan sebagai usaha sampingan, tentu nya dengan sedikit teknik menjalankan nya agar tidak terbentur dengan pekerjaan tetap.

Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa berdagang adalah kemampuan warisan dari orang tua, di mana kebanyakan pedagang hebat lahir dari orang tua yang memang suka berdagang, saya rasa tidak juga, asalkan seseorang mau belajar, tentu suatu saat kemampuan berdagang yang handal akan di miliki nya.

Di era modern, usaha perdagangan bisa di lakukan menggunakan media online, perdagangan online memang memberikan waktu lebih, di mana usaha tersebut bisa di lakukan di mana saja, selama ada jaringan internet tentu saja usaha perdangan online akan bisa di jalankan. Usaha sampingan perdagangan bisa kita mulai dengan menjadi drop ship online, di mana kita akan menjual barang orang lain atas nama kita, pengadaan barang dan pengiriman ke semua daerah di lakukan oleh orang lain atas nama kita.

3.Aktifitas Online

Usaha ini berjalan berkat meningkatnya dunia internet, penjualan online, berita online, dll sangat mempengaruhi usaha yang satu ini. Yang saya maksud dengan aktifis online adalah segelintir usaha yang sangat erat kaitan nya dengan dunia maya/internet.

Usaha ini saya maksud mencakup mengelola website seperti portal informasi, web log atau blog serta jasa-jasa online lainnya. Bahkan perkembangan nya pekerjaan ini banyak di jadikan sebagai usaha tetap oleh sebagian orang yang memang mengenal pergerakan peluang usaha online.

Pengelolaan halaman informasi berupa blog misalnya, kemampuan internet menghadirkan berbagai informasi berkembang menjadi sebuah peluang usaha yang mempunyai prospek keuntungan tingkat tinggi, penghasilan bisa di raih melalui aliran dana periklanan google atau iklan lainnya. Sementara aktfitas dunia internet semakin harinya semakin meningkat, semua berita informasi, bahan pelajaran, kumpulan makalah, tugas harian anak sekolah, peluang pekerjaan dll, semua bisa di akses melalui internet.

Semua konten yang di cari oleh ribuan orang bahkan jutaan siapa yang menyediakan, tentu bukan google yang sepertinya sangat pintar, tapi sekelompuk orang yang menghabiskan waktu untuk menyediakan konten-konten tersebut, semua konten di bagikan kebanyakan secara gratis, lalu dari mana penghasilan mereka?.

Penghasilan mereka bisa melalui iklan, penawaran konten berbayar dll. Nah! dari sana lah awal aktifitas online memberikan keuntungan, penyedia dan pengelola konten bisa sangat mudah memonetize konten mereka dengan iklan, penyedia jasa bisa membuka jasa seo agar konten berada di deretan pertama pencarian, penulisan lepas bisa menyediakan jasa penulisan artikel atau berita, dan tentu saja banyak hal yang bisa di jadikan usaha di dunia internet.