Pasar Internasional
Menembus Pasar Internasional | Postingan ini semata bentuk dari keinginan ikut mensokseskan perekonomian masyarakat kita. Sebagai orang yang banyak menghabiskan waktu di internet, sebagai penulis lepas maupun internet marketing. Perhatian besar saya terkadang tertuju dengan banyak peluang yang bisa di manfaatkan oleh kita. Jika pun itu belum bisa saya manfaatkan, maka besar harapan saya bisa saudara-saudara saya di belahan wilayah Indonesia yang mempunyai kesempatan ini.

Si sejumlah daerah saya melihat banyaknya kreasi kerajinan tangan dari pekerja seni, seperti barang kesenian dll. Yang sebenarnya itu sangat bisa kita manfaat untuk kemandirian ekonomi keluarga, asalkan kita tahu bagai mana memanfatkan nya. Kita harus jeli berapa keuntungan jika kerajinan-kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi tersebut kita jual ke pasar internasional di ebay dll.

Ebay saat ini salah satu pasar online  internasional yang menjual banyak produk dari manca negara, ebay memang bukan satu-satunya yang bisa di manfaatkan untuk menjual barang-barang tersebut, kita masih bisa memaksimalkan amazon atau alibaba dll. Begitu banyak target pasar yang bisa kita gunakan, hanya saja seberapa besar kita mau memanfaatkan nya. Harus mempunyai keinginan besar menembus pasar internasional jika pasar lokal kita sudah terlalu banyak persaingan.

Namun sebelum nya ada baiknya kita juga memaksimal terminal lokal kita untuk menciptakan sebuah kesan profesional, seperti membuat portal lokal yang bisa di jadikan media center informasi semua produk-produk kita.

Toko Online atau sebuah website sederhana bisa kita jadikan alternatif tempat menjadikan media center informasi produk-produk lokal yang kita pasarkan ke pasar internasional. Tujuan utama nya adalah membuat citra kita sebagai pedagang profesional. Kita akan memasarkan produk-produk tersebut ke pangsa internasional, namun juga akan memberikan plashback semua produk ke portal lokal kita.

  • Mengumpulkan/cari produk lokal yang menurut anda mempunyai prospek bagus di pasar internasional, jika memungkinkan coba lakukan riset harga pasar internasional untuk barang sejenis.
  • Mempublikasikan nya di halaman portal anda, sebagai sebuah informasi bahwa anda membuka atau melayani pemesanan produk tersebut secara profesional, tidak usah kecewa jika pasar lokal tidak merespon produk yang anda tawarkan.
  • Mempromosikan nya ke portal-portal internasional seperti ebay, amazon, alibaba dll. Target utama kita adalah pasar internasional, sementara portal lokal hanya formalitas keprofesionalan anda.
  • Membuat perancangan managemen yang baik, jika anda menjual sebuah barang kecil dengan harga yang cukup murah, contoh: gantungan kunci yang bernilai seni dengan harga sangat murah, maka bisa anda masukkan minimal pemesanan seperti minimal 100 pcs. Ini untuk menjual barang anda dalam skala besar, dan sedikit menghemat biaya pengeluaran.
  • Lakukan riset bagai mana cara melakukan prosedur pengiriman barang keluar negeri, apa dan bagai mana menerima pembayaran anda, sebelum langkah ini benar-benar sudah anda kuasai maka langkah pertama hingga ke empat sebaiknya anda urungkan terlebih dahulu.
Pasar internasional sebenarnya adalah sebagai salah satu pangsa pasar yang cukup bagus untuk di jadikan lahan basah pemasaran bisnis anda. Tinggal bagai mana anda memaksimalkan semua itu, ada banyak peluang dan barang yang bisa anda jual ke pasar internasional.