Cara Menulis Artikel.

Menulis artikel blog kadang susah-susah gampang juga, susah dalam artian menulis artikel yang bermoto bagus, apalagi misalkan kita kurang memahami apa maunya para pembaca, informasi yang bagai mana yang harapkan, karena itu saya mau berbagai mana cara menulis artikel, terlepas baik dan buruknya.


Artikel blog biasa sedikit berbeda dengan bacaan pada umum nya, seperti majalah, buku pelajaran, novel dll, artikel blog akan lebih mengedepankan sebuah informasi yang kalau bisa padat tapi berisi, ringkas tapi jelas. Kalau bahasa saya jangan cuman banyak cingcung.


Karenanya penting juga kalau misalkan kita memperhatikan sejumlah Tips Menulis Artikel, bagai mana cara agar kita tidak kehabisan gagasan untuk menulis, bagai mana agar tulisan tidak menjemukan, bagai mana tulisan tepat sasaran, walau dalam menulis blog sebenarnya tidak ada aturan khusus, kita cukup menulis kalimat yang mampu menjelaskan apa yang kita maksud.

Tips Menulis Artikel Blog.

  •  Sering Membaca. Saya sering mengatakan kalau misalkan kita mau menjadi penulis blog yang baik maka hal utamanya adalah luas pengetahuan. Di saat kita membaca pada dasarnya adalah untuk menambah pengetahuan kita, entah! itu soal topik yang akan kita tulis, semacam riset kecil-kecilan begitu, atau untuk mengasah kemampuan kita merangkai kalimat yang enak di baca.

  •  Mengasah Kemampuan. Kemampuan memang harus di asah agar semakin tajam, anda tidak mungkin bisa menulis banyak artikel tanpa terus di asah, sebenarnya kita bisa terus menulis walau terkadang tulisan ngarang ngidul dan menjadi bahan ketawa'an orang lain.

  • Terus Melakukan Perubahan. Kalau misalkan anda terus membaca dan mengasah kemampuan anda maka hal yang terpenting sebenarnya adalah melakukan perubahan. Melakukan perubahan untuk lebih baik, melakukan pembenahan yang baik.
Hihi ma'af kalau misalkan bahasa saya rada kagak karuan-karuan, tapi serius neh! tiga unsur pokok di atas harus anda lakukan untuk menemukan hal terbaik dari tulisan blog, namun karena ini soal blog, bukan tulisan formal maka ada hal-hal lain yang juga harus di perhatikan saat berusaha menulis artikel blog.

Tulis lah menggunakan gaya anda. Penting! karena mungkin anda menemukan gaya bahasa yang berbeda dalam penulisan artikel atau tepatnya sebuah postingan blog. Jika kita menuruti semua gaya penulisan artikel blog tanpa mengembangkan gaya penulisan kita sendiri maka yang ada kita hanya akan terjebak dengan ketidak pastian teknik menulis kita.

Yang terpenting saat kita menulis adalah, teknik penulis yang bisa kita lakukan tanpa beban, penulisan bebas tanpa ada tekanan yang berarti buat kita, hehe bukan sok menggurui karena ini hanya catatan pribadi untuk berbagi, menulis tanpa tekanan membuatkan kita lebih releks dalam menulis.

Barulah dari sana kita harus memperhatikan kepentingan pembaca kita, kebutuhan pembaca sesuatu yang harus kita penuhi, dalam menulis kita harus memperhatikan apa yang di inginkan oleh orang lain, tahukah! sangat sedikit orang yang mau membaca secara keseluruhan tulisan kita, kebanyakan dari pengunjung hanya membaca beberpa poin penting dalam tulisan kita.

Hal tersebut wajar! karena sebenarnya halaman blog berfungsi sebagai media informasi, maka yang di butuhkan orang lain adalah pokok dari informasi tersebut.

Teknik Menulis Artikel.

 Menulis artikel memang susah-susah tapi gampang, sedikit susah kalau kita bikin susah namun gampang kalau misalkan sudah kita jalani dengan senang hati, sebagai blogger sejati menulis artikel memang bagian pekerjaan kita.

Ada sejumlah teknik mudah dalam menulis artikel, hanya saja membutuhkan ketekunan dan perhatian yang cukup, keteletian juga membutuhkan perhatian, bukan?. Tahapan-tahapan menulis itu sendiri kalau kita jalankan dan sudah terbiasa maka terasa akan mudah saja.

1.Menentukan Topik Bahasan.

Langkah awal saat seseorang menulis sejumlah artikel adalah menentukan topik apa yang akan di bahasnya, hal ini menjadi sangat penting jika kita menginginkan hasil yang maksimal, serta menginginkan pembahasan yang terfokus.

Mungkin di luar sana banyak orang yang mempunyai gagasan, bagai mana cara menulis artikel yang baik, namun saya yakin mereka juga akan mengakui bahwa langkah pertama dari menulis artikel adalah menentukan topik utama yang akan di bahas.

Menentukan topik dalam sebuah artikel juga pada dasarnya akan mempermudah kita mengembangkan isi artikel dengan sangat baik, menentukan topik dalam artikel bisa saya umpamakan sebagai langkah menarik garis lurus sebagai acuan apa saja yang akan kita bahas.

2.Mengumpulkan Kalimat-Kalimat Kunci Artikel.

Apa yang saya maksud dengan mengumpulkan kalimat kuci ?.Maksud saya begini! setiap topik artikel memiliki kata kanci untuk mengembangkan topik tersebut menjadi sebuah artikel yang bisa di baca dan di fahami oleh orang lain.

Contohnya : Menulis maka bisa kita tentukan kalimat-kalimat kunci yang di butuhkan oleh orang lian, semisal : cara menulis, tata cara menulis, tips menulis, menulis yang baik, dll. Kalimat-kalimat tersebut adalah kalimat yang mempunyai hubungan dengan topik menulis.

Kalimat kunci tersebut lah yang kemudian akan kita gunakan dalam mengembangkan tulisan artikel di blog kita, semakin banyak anda menemukan kalimat kunci yang di butuhkan oleh orang lain maka akan semakin bagus untuk mengembangkan artikel, agar sesuai yang di harapkan oleh orang lain.

3.Mengembangkan Artikel.

Aksisoris artikel bukan lah gelang atau perhiasan yang biasa kita gunakan, namun aksisoris artikel di gunakan untuk mengembangkan kata kunci dan kalimat penting yang berhubungan dengan topik artikel yang sedang kita bahas.

Terlalu ribet yah! tidak juga, karena di sini yang kita butuhkan hanya menambahkan beberapa penjelasan seputar kata-kata kunci yang sudah kita tetap kan tadi, kita menambahkan kalimat puitis, sedikit guyunan atau sejenis nya agar artikel lebih berwarna saja.

4.Penutup Artikel.

Tahapan terakhirnya adala melakukan finising akhir pada setiap artikel kita, membaca kembali kata demi kata, kalimat yang kita gunakan dll. Hal itu kita lakukan untuk memastikan bahwa semuanya sudah kita lakukan dengan baik dan benar.

Sering-sering lah mengulang kembali bacaan artikel yang kita buat, karena sebagai manusia tentu saja selalu saja mempunyai celah kekurangan, yang terpenting jika kita melihat celah kesalahan kita maka dengan cepat kita perbaiki sebisa mungkin.

----------------------------------------------------------------------------------
Mudah saja bukan? yah! membuat artikel tidak terlalu sulit juga kalau kita kerjakan, kita bisa saja mendramatis artikel yang kita buat, tapi langkah-langkah membuat artikel jangan kita bikin dramatis.

Link Tautan : Cara Menulis Artikel.