Saya bingung harus memulai dari mana, entah apakah postingan dengan topik ini pernah saya tulis saya juga lupa karena memang sangat banyak nulis postingan. Saya tahu bahwa artikel yang membahas dengan topik yang sama dengan topik saya ini sangat banyak, namun bukan dengan tujuan sok menggurui maka saya tetap akan menulis artikel ini dengan harapan semoga saja apa yang saya tulis sedikit banyak bisa membantu semuanya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagai mana mendapatkan penghasilan dari halaman blog atau dalam istilah kerennya Monetisasi blog, ada baiknya kita harus tahu apa saja peluang yang bisa menjadikan blog agar mendapatkan penghasilan, tidak penting banyak namun terus-menerus sepertinya leebih baik, dan yang terpenting bahwa kita harus sadar dan tahu persis bahwa ini bukan langkah praktis cepat kaya dengan mudah, mendapatkan penghasilan melalui halaman blog pada dasarnya di butuhkan kesabaran dan pengetahuan yang memadai untuk itu, tanpa itu semua saya rasa sulit mendapatkan apa yang di harapkan.


Apa benar, blog bisa mendatangkan penghasilan ?

Jika anda menanyakan pertanya'an di atas maka berarti anda adalah pemula dalam mengelola blog, atau bisa saja anda justru bukan seorang blogger [istilah para pengelola halaman-halaman blog].


Jawaban dari pertanya'an di atas adalah "iya"

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan blog.
  • Iklan Ads.
  • Review.
  • Menjual Produk.
  • Internet Marketing.
  • Menyediakan Jasa.
  • DLL.

Jadi intinya ada banyak cara mendapatkan dan menghasilkan uang melalui halaman blog, hanya saja menjalankan nya tidak semudah yang seperti di sebutkan dalam banyak teori-teori, yang bisa kita lakukan hanyalah terus belajar dan bersabar menjalankannya, kita harus memahami juga jenis blog apa saja yang mudah menghasilkan pundi-pundi dollar/rupiah untuk kita, semua jenis halaman blog mungkin bisa saja memberikan kita penghasilan, namun ada sejumlah halaman blog yang harus mendapatkan perlakuan khusus untuk mempermudah mengumpulkan penghasilan tersebut, tergantung cara mana yang kita gunakan.

Sebelumnya harus kita tentukan jenis blog apa yang akan kita kembangkan, membuat blog memang sangat mudah, tidak perduli apakah anda laki-laki, wanita, tua atau muda, pelajar atau pun pekerja, bahkan seorang pengangguran sekalipun sebenarnya bisa melakukan untuk membuat blog, yang terpenting adalah kemampuan skill menciptakan blog, mau terus bekerja keras mengembangkan nya, dan mau terus belajar agar sebuah blog terus berkembang.

Monetisasi Blog Personal Dan General Blog


Apa itu personal blog dan general blog ?, Personal blog itu kalau menggunakan istilah saya adalah sebuah blog yang kita kelola atas nama diri kita sendiri, kita bebas menulis konten-konten yang akan kita bagikan kepada publik tanpa adanya keterkaitan dengan sesuatu apa pun seperti topik yang akan kita bahas, personal blog sebenarnya lebih mendekati general blog karena kita bebas memilih topik yang kita inginkan seperti catatan pribadi, atau sejenisnya sehingga halaman blog tersebut bersipat umum saja karena itulah personal blog lebih bisa di katakan juga sebagai general blog, walau general blog juga tidak identik dengan personalisasi pemilik blog.

Jika seandainya personal blog adalah pilihan kita maka selanjutnya adalah tahapan di mana kita akan menentukan cara melakukan monetisasi blog tersebut, di sini kita bisa memanfaatkan iklan adsense, namun sayangnya itu bukan lah hal perkara yang mudah, iklan sangat erat kaintan nya dengan pengunjung blog sebagai media peraih keuntungan, entah itu iklan pay perklik atau perview maka pengunjung adalah media utama nya, semakin banyak pengunjung maka itu akan lebih baik, semakin banyak yang mengklik iklan atau melihat iklan maka kemungkinan penghasilan makin besar dapat kita peroleh. Jadi metode penghasilan blog personal dengan iklan ads sangat ketergantungan dengan jumlah pengunjung blog itu sendiri.

Jadi sangat jelas dong!! posisi tawar menawar keuntungan blog yang mengandalkan iklan pasti membutuhkan pengunjung, dan pengunjung bukan orang-orang yang begitu saja datang ke halaman blog tanpa ada sebab, rata-rata pengunjung blog akan mengunjungi blog untuk mendapatkan informasi yang di perlukan nya, karena itulah jika kita mengelola halaman blog personal maka paling tidak! kita siap menyuguhkan informasi yang di harapkan sang pengunjung tersebut.
Jangan Lupa Baca Juga : Monetize Blog Dengan Jualan Barang Unik



Monetisasi Nice Blog dan Blog Khusus


Nice blog adalah salah satu varian blog yang paling banyak kita temukan selain blog personal, nice blog biasanya akan membahas seputar topik tertentu misalnya blog kesehatan, blog otomotif, blog fashion dan lain jenisnya, jadi inti sebuah nice blog adalah fokus pada topik tertentu yang di anggap perlu, misalkan kita ambil contoh sebuah blog yang membahas seputar burung, jadi di blog tersebut mengupas tentang burung dan macam ragamnya, bagai mana memelihara burung, bagai mana mengembang biak kan burung, dll.

Tentunya nice blog itu sendiri lebih spesifik lagi dari general blog atau personal blog, dan sebenarnya blog dengan jenis ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai hoby tertentu dan ingin berbagi kepada orang lain, kemudahan pengelola blog tersebut jika di barengi dengan hoby akan lebih mudah bagi anda untuk memajukan halaman jenis blog ini.

Di Indonesia sendiri walau halaman blog dengan topik tertentu akan lebih gampang di kelola namun tidak semua mudah di monetisasi, karena tidak semua topik di minati oleh banyak orang, jadi jika anda tidak pandai memilih nice blog justru yang ada blog anda akan sepi pengunjung, dan sudah pasti itu akan berimbas menjadi kesulitan bagi anda untuk memonetisasi blog tersebut.

Jika misalkan kita gandengkan nice blog tertentu dengan iklan ads maka seperti yang kita jelaskan di atas ada ketergantungan iklan dengan jumlah pengunjung, mungkin akan sangat baik jika pemilihan topik blog lebih kepada topik-topik yang ramai di minati oleh orang lain, sepert topik kesehatan, gadget dan jenis lainnya. Namun jika ada wacana justru mengganding blog dengan sekalian memasarkan produk tertentu maka pemilihan topik dengan yang sesuai apa yang ingin kita pasarkan adalah pilihan yang realistis.

Memonetisasi blog memang bukan lah hal yang mudah, harus ada kerja keras untuk terus menjalankan cara yang di yakini, dalam usaha yang terus menerus lah maka hasil maksimal dari blog barulah bisa di rasakan.

General blog Dan nice blog pada dasarnya mempunyai potensi Yang sama dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah anda, hanya saja sedikit di butuhkan sentuhan Yang berbeda Karena berbeda jenis blog,  jika iklan ads sangat cocok jika di terapkan pada blog general sebenarnya iklan ads juga sangat bisa di andalkan di blog dengan nice tertentu, bahkan blog yang mempunyai bahasan tertentu sangat bisa di andalkan dengan jenis monetisasi lainnya, seperti reveiw produk tertentu yang masih ada sangkut pautnya dengan topik yang sedang di bahas di halaman blog tersebut.
Jangan Lupa Baca Juga : Memilih Nice Blog Untuk Adsense

Strategi Memonetisasi Blog

Blog sudah siap!! tinggal bagai mana kita menjalankan nya agar semuanya berjalan sesuai target yang kita inginkan, sebagai mana saya katakan berulang kali ada ketergantungan antara bisnis blog dengan pengunjung maka cara mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya akan menjadi pilihan pasti dari langkah selanjutnya.

Mencari Pengunjung Dengan Memanfaatkan SEO
Memaksimalkan kinerja konten dengan seo adalah cara yang banyak di manfaatkan oleh sejumlah blogger, mereka banyak menjadikan Search Engine sebagai lalu lintas utama menjaring pengunjung potensial, hanya saja langkah ini sudah pasti di perlukan skill yang mumpuni, memahami apa saja yang di butuhkan agar sebuah konten mampu bersaing di search engine. Secara sederhana postingan yang berada di peringkat pertama dengan kata kunci yang potensial menarik minat pengunjung sudah pasti biasanya akan lebih banyak di kunjungi oleh orang lain, tentu saja anda juga harus tahu artikel dan postingan apa yang banyak di kunjungi oleh orang lain.

Media Sosial Sebagai Sumber Lalu Lintas Lainnya
Satu kekuatan yang tidak bisa di ragukan adalah kekuatan media sosial, tentunya hal ini juga membutuhkan pekerjaan lebih buat anda, anda harus sesering mungkin membagikan artikel anda di sejumlah media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter atau lainnya, hal ini bisa anda lakukan walau tanpa kemampuan skill dalam seo, artinya cukup konten postingan yang menarik orang lain untuk berkunjung ke halaman blog anda.

Apa sudah semakin jelas ?
Saya harap artikel kecil ini sedikit membuka kan wawasan kita semua, walau di sana sini masih banyak kekurang yang mungkin tidak saya sadari sepenuhnya, insya allah!! di lain waktu kita bahas hal lain yang menjadi pendukung monetisasi halaman blog, terima kasih atas masukkan kalian kurang lebihnya blog saya ini, salam hangat.